Biddokkes Polda NTT Periksa Kesehatan Personel Polresta Kupang Kota

Biddokkes Polda NTT Periksa Kesehatan Personel Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda NTT bekerjasama dengan Klinik Asa Kupang, melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) terhadap personel Polresta Kupang Kota, pada Senin (29/4). 

Rikkes yang dilaksanakan sebagai upaya, guna deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan merupakan pemeriksaan kesehatan rutin yang secara berkala dilakukan oleh kepolisian. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, pelaksanaan rikkes merupakan kegiatan rutin kepolisian dalam bidang kesehatan yang dilakukan secara berkala setiap tahun anggaran, sebagai upaya untuk mendeteksi secara dini penyakit kronis yang diderita personel. 

"Rikkes yang dilakukan, untuk mendeteksi secara dini penyakit kronis, agar mendapatkan personel yang sehat baik fisik dan juga mental," ucap Kapolresta. 

 

Selain itu, dengan tujuan dapat melaksanakan tugas perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik dan maksimal, kata Kombes Aldinan Manurung yang ditemui di ruangan kerjanya. 

Kepala Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Kasidokkes) Iptu Daud Bessie, Amd.Kep yang diwawancara disela-sela pelaksanaan rikkes menerangkan, rencana pelaksanaan rikkes selama 2 hari (29-30 April 2024), sehingga personel yang belum sempat mengikuti pada hari ini, dapat hadir pada keesokan harinya. 

 

"Rikkes berkala kali ini dilaksanakan selama 2 hari, dan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Klinik Asa Kupang, yakni 1 orang dokter gigi, 1 orang dokter umum dan 9 orang tenaga kesehatan, serta dibantu juga oleh 2 orang tenaga kesehatan dari Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota," jelas Iptu Daud. 

Sambung dia, adapun jenis pemeriksaan yang dilakukan, lanjut dia, yakni pengukuran tekanan darah, persen lemak tubuh, berat badan, mata, telinga, hidung dan tenggorokan. 

 

Kemudian, perekaman jantung (EKG), pemeriksaan darah dan urine lengkap, pemeriksaan gigi (Odontogram), Rontgen, serta pengisian MMPI (kesehatan jiwa), pungkas Kasidokkes Polresta Kupang Kota.

 

Untuk diketahui, pada pelaksanaan rikkes hari pertama, diikuti oleh sebanyak 103 personel Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran. (AN)