KPU Kota Kupang Melakukan Audiensi Dengan Kapolresta Kupang Kota

KPU Kota Kupang Melakukan Audiensi Dengan Kapolresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, Senin (23/10) menerima Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang bersama Komisioner dan Sekretaris KPU, guna melakukan audiensi terkait dengan Pengamanan Tahapan Pemilu 2024, sehingga kegiatan Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Kapolresta yang didampingi oleh Pejabat Utama Polresta Kupang Kota saat menerima Ketua KPU dan rombongan, menyampaikan selamat datang di Polresta Kupang Kota. Kegiatan ini sangat baik karena dalam pelaksanaan tugas, koordinasi dan komunikasi itu sangat penting. Hal ini di maksudkan agar Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dalam keadaan aman.

Ketua KPU Kota Kupang Dekky Ballo, mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Kupang dan jajaran yang telah menerima kami, dan maksud kedatangan kami saat ini untuk melakukan Audiensi (tatap muka) dengan Pihak Polri, dalam hal ini Polresta Kupang Kota guna membahas pengamanan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu (Legislatif, Pilpres, dan Pilkada), beberapa tahapan telah berjalan mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan, sedangkan tahap kampanye, masa tenang, saat pemilihan dan perhitungan, pleno oleh PPK, Pleno KPU dan penetapan hingga pada pelantikan akan dilaksanakan saat setelah pemilihan (sesuai jadwal yang telah ditetapkan), lanjut Ketua KPU.

Di Kota Kupang, terdapat 1.205 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang terbagi dalam 1.202 TPS di wilayah umum, dan 3 TPS di wilayah Khusus (2 TPS di Lapas Dewasa laki laki, dan 1 TPS di Lapas Dewasa wanita), dengan jumlah warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 320.659 orang.

Tempat penampungan Logistik Pemilu di wilayah Oesapa samping jembatan timbang Oesapa. Saat ini beberapa logistik seperti Tinta, Kotak Suara dan Bilik Suara, sudah dalam perjalanan ke Kupang. Untuk transportasi pengangkutan Logistik Pemilu, kami menggunakan transportasi udara jika logistiknya sedikit, dan transportasi laut jika logistiknya banyak. Terkait pendistribusian, kami akan distribusi ke tiap TPS pada H-1 pencoblosan dan setiap TPS mendapat 5 Kotak Suara dan 4 Bilik Suara, ditambah 2℅ surat suara tambahan, sedangkan Pleno Rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh PPK akan dilaksanakan selama 5 hari (sesuai jadwal) dan bisa berubah tergantung keadaan saat itu, setelah pleno tingkat kecamatan dilanjutkan dengan pleno di KPU, tambah Dekky.

Oleh karenanya, kami dari pihak KPU Kota Kupang, saat ini hadir di depan Bapak Kapolresta dan jajaran dalam tatap muka ini, guna bersama-sama dengan KPU mengamankan dan mensukseskan tahapan Pemilu ini, dan diharapkan Pemilu berjalan dengan baik, lancar dan aman.

Terkait dengan penyampaian Ketua KPU, Kapolresta memerintahkan jajarannya untuk membantu mensukseskan tahapan Pemilu sampai kepada pelantikan.

Kapolsek Kelapa Lima agar setiap hari melakukan pemantauan dengan cara patroli ke gedung yang ditetapkan oleh KPU sebagai tempat penyimpanan Logistik Pemilu, Kabagops agar selalu berkoordinasi dengan KPU untuk mendapatkan jadwal tetap setiap pelaksanaan tahapan Pemilu, juga terkait dengan pengawalan dan pengamanan Logistik Pemilu, serta melakukan pengecekan tempat atau lokasi penyimpanan Logistik Pemilu, beri saran pendapat kepada KPU jika ditemukan hal-0hal yang akan mengganggu dalam penyimpanan Logistik Pemilu, cek juga dengan pelaksanaan pembuatan TPS, antisipasi jika pada saat pelaksanaan dimungkinkan hujan, dan koordinasi juga terkait dengan perbantuan pengamanan (Linmas) yang akan ditugaskan di TPS agar dilatih, kata mantan Kapolres TTU itu.

Kepada Ketua KPU, kami sarankan agar memasang CCTV di gedung Logistik Pemilu, dan jika dimungkinkan pada saat pelaksanaan pengamanan, didampingi juga oleh petugas KPU dan Bawaslu Kota Kupang, karena tugas Polri hanya mengamankan di luar gedung Logistik, sedangkan yang bisa masuk ke dalam gudang KPU hanya petugas KPU, dan sampaikan juga kepada kami waktu pengiriman Logistik Pemilu, agar kami siapkan anggota untuk melakukan pengawalan dan pengamanan, bila perlu KPU melakukan inovasi dengan membuat lomba TPS terbaik sesuai dengan penilaian KPU, pungkas Kombes Krisna. (FN)