Beri Arahan Apel Pagi, Kapolresta Tekankan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan

Beri Arahan Apel Pagi, Kapolresta Tekankan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombespol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, mengambil apel pagi dan diikuti oleh PJU di lingkungan Polresta Kupang Kota, Kapolsek jajaran, Personel polsek Jajaran dan seluruh personel Polresta Kupang Kota, serta Aparatur Sipil Negara pada senin (19/06/2023) Pukul 08:00 Wita.

Dalam arahannya Kapolresta menyampaikan bahwa satu minggu terakhir tidak ada kejadian menonjol yang bisa mengganggu kamtibmas.” Gangguan kamtibmas sebenarnya tidak langsung spontan terjadi, namun dimulai dari potensi gangguna, ambang gangguang dan menjadi gangguan nyata. "Bahwa gangguan nyata sudah jelas menjadi pekerjaan kita sebagai aparat penegak hukum untuk menanganinya. Namun pada potensi dan ambang gangguan membutuhkan langkah-langkah yang sistemik dan berkelanjutan, situasinya bagaimana dari keadaan masyarakat.

Contoh jika adanya ngebut-ngebutan yang dibiarkan saja oleh personel yang bertugas maka akan menjadi gangguna nyata yakni tabrakan, hingga perkelahian antar masyarakat di sekitarnya yang merasa terganggu dengan adanya ngebut-ngebutan ataupun balapan liar".

Oleh karena itu kapolresta mengajak seluruh personel untuk menanganinya, dibutuhkan peran dari Bhabinkamtibmas dan Polisi RW utk mendekati masyarakat lakukan himbauan dan Upaya preventif dengan melakukan patroli dijam-jam rawan.

Kapolresta Kupang kota juga menyampaikan bahwa sudah banyaknya perjudian tidak disadari bahwa aktivitas perjudian bisa menganggu keamanan hingga ke dalam kehidupan rumah tangga terus upaya preventif.

Kemudian juga terus lakukan himbau aktifitas pesta yang sampai larut malam, “saat ini memang belum  menjadi konflik namun jika kita saja polisi penegak keamanan tidak tindak tegas suatu saat kalau dibiarkan akan menjadi gangguan nyata.

"Orientasi kita bagaimana merubah situasi atau keadaan dan kondisi masyarakat menjadi stabil dalam hal keamanan, Saat bertugas rekan-rekan sebagai alat negara bukan pribadi saja ungkap pelaku-pelaku kejahatan di jalanan, dan apabila melakukan perlawanan lakukan tindakan tegas dan terukur, kalau kita biarkan nanti akan terus-terusan merajalela pelaku-pelaku tersebut, Ingat negara tidak boleh kalah dengan pelaku kejahatan atau pelanggaran,”Tekan kapolresta.

Diakhir Arahanya Kapolresta menyampaiakan bahwa Kepada anggota yang berprestasi akan diberikan reward, namun apabila melanggar harus bisa menerima konsekuensi. “Kehadiran polisi di jalan saat lakukan pengaturan, sudah mencegah suatu kejahatan yang mungkin akan terjadi”, Tutupnya.