Kapolda NTT Cek Langsung Kesiapan Jajaran Dalam Pengamanan Malam Takbiran

Kapolda NTT Cek Langsung Kesiapan Jajaran Dalam Pengamanan Malam Takbiran

Tribratanewskupangkota.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A, melakukan pengecekan langsung terhadap kesiapan personel jajaran Polda NTT, dalam pengamanan malam takbiran jelang Idul Fitri 1445 Hijriah. 

 

Pengecekan kesiapan pengamanan, dilakukan orang nomor satu di Polda NTT itu, melalui sarana Video Conference (Vicon), yang berlangsung di Lobby utama Lippo Plaza, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (9/4). 

Hadir pada kesempatan itu dalam mendampingi Kapolda NTT, yakni Irwasda Polda, Pejabat utama Polda NTT, Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Danlanud El Tari Kupang, Danlantamal VII Kupang, Kepala BIN Daerah NTT, Kepala Basarnas Kupang, Kapolresta Kupang Kota, Penjabat Wali Kota Kupang, Ketua DPRD Kota Kupang, Dandim 1604 Kupang, serta forkopimda di tingkat Provinsi NTT dan Kota Kupang. 

 

Kapolda NTT dalam berinteraksi dengan Kapolres jajaran dan forkopimda, mengecek langsung situasi kamtibmas dan kekuatan personel, baik Polri, TNI dan instansi terkait, serta memerintahkan Kapolres dan jajaran untuk turun langsung ke lapangan melakukan pengamanan pawai takbiran keliling. 

 

"Kapolres bersama Dandim, silahkan memimpin langsung personelnya di lapangan dalam pengamanan pawai takbiran keliling. Pastikan pelaksanaan pawai takbiran keliling oleh masyarakat yang akan merayakan lebaran, berjalan aman dan tertib," kata Kapolda NTT. 

 

Danrem 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, juga berinteraksi dengan Dandim jajaran, dan perintahkan untuk mendukung Kapolres dalam melayani masyarakat pada malam takbiran. 

"Dandim dukung dan bantu Kapolres dalam pengamanan pawai takbiran keliling di wilayahnya, agar masyarakat bisa meraih kemenangan di hari yang fitri bersama keluarga dengan aman dan nyaman," ungkap Danrem 161 Kupang. 

 

Selain itu, Kapolda NTT juga meminta pengamanan terus dilakukan hingga pelaksanaan sholat ied besok. 

 

"Setelah malam ini, lanjutkan pengamanan dan pelayanan kepada umat islam yang sholat ied besok (10/4), agar dapat diikuti dengan aman dan penuh kekhusukan," ujar Kapolda NTT lagi. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui tribratanewskupangkota.com di sela-sela pelaksanaan Vicon mengatakan, Kapolda NTT sebelum memimpin Vicon bersama Kapolres jajaran Polda NTT, terlebih dahulu melaksanakan konsolidasi bersama Pemerintah Daerah, TNI dan instansi terkait di Mako Polresta Kupang Kota, guna berkolaborasi dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat. 

"Sebelum bapak Kapolda NTT memimpin Vicon pengamanan malam takbiran jelang idul fitri, bersama Danrem dan forkopimda tingkat provinsi dan Kota Kupang, melaksanakan buka puasa bersama di Polresta Kupang Kota. Hal ini guna bersama saling memberikan dukungan pada pengamanan malam takbiran di Kota Kupang," jelas Kapolresta. 

 

Terpantau media ini, setelah selesai pelaksanaan Vicon, Kapolda NTT bersama Penjabat Gubernur NTT, Danrem 161 Kupang, Penjabat Wali Kota Kupang, Kapolresta Kupang Kota, Dandim 1604 Kupang, serta Ketua DPRD Kota Kupang, melepas peserta pawai takbir keliling, dengan mengambil titik start dari eks Kantor Bupati Kupang. (AN)