Pantau Aktifitas Orang dan Barang di Pelabuhan Tenau, Anggota Polsubsektor Turun ke Dermaga Lokal

Pantau Aktifitas Orang dan Barang di Pelabuhan Tenau, Anggota Polsubsektor Turun ke Dermaga Lokal

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Pelabuhan Laut Tenau Kupang, melakukan pengamanan debarkasi atau penumpang turun Kapal Motor Penumpang (KMP) Awu dari Pelabuhan Ippi Kabupaten Ende Kepulauan Flores, Kamis (11/5/2023) pagi tadi.

Pengamanan di dalam pelabuhan sudah merupakan tugas dan tanggung jawab dari Polsubsektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang, sesuai amanat undang-undang dalam rangka memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat khususnya di area Pelabuhan Tenau Kupang. “Tanggung jawab atas aktifitas masyarakat di dalam area Pelabuhan Tenau Kupang sudah merupakan tugas dari Polri bersama stakeholder lainnya,” ujar Kapolsubsektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang Ipda Teguh I. Santoso kepada tribratanewskupangkota.com melalui sambungan telepon seluler.

Ipda Teguh menambahkan, anggota piket yang dibantu dengan anggota cadangan sejumlah 8 orang, sekitar jam 07.35 Wita turun ke dermaga lokal lakukan pengamanan dan membantu debarkasi penumpang KMP Awu yang telah tiba dan persiapan sandar. Jumlah penumpang turun sebanyak 1.345 orang dan penumpang lanjutan tujuan Pelabuhan Kalabahi di Kabupaten Alor sebanyak 206 orang, dengan jadwal berangkat jam 12.00 Wita.

 

“Selain melakukan pengamanan debarkasi dan embarkasi penumpang kapal, anggota piket juga secara bergantian atau shift, lakukan patroli ke pelabuhan peti kemas untuk memastikan situasi bongkar muat barang dan sembako dari kapal kontainer berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.

Selanjutnya anggota piket melakukan pengamanan embarkasi atau penumpang naik Kapal Ferry Cepat Express Bahari 1F sebanyak 162 orang, dengan tujuan Pelabuhan Baa di Kabupaten Rote Ndao